Sunday, February 10, 2013

Review: Juventus Vs Fiorentina

Bermain di hadapan publik sendiri membuat Juventus cukup percaya diri untuk langsung tampil menekan sejak awal laga. Apalagi, modal tim tamu dalam menyambut laga ini pun tidak terlalu bagus, dengan hanya memetik satu kemenangan dari 22 perjumpaan terakhir.

Percobaan pertama sudah dilakukan Juventus melalui umpan daerah yang dilepas Andrea Pirlo ke dalam kotak penalti Fiorentina. Claudio Marchisio yang lolos dari pernagkap offside langsung menyambar bola, namun tak ada rekannya yang menyambut di depan gawang La Viola.

Ta lama berselang, Marchisio kembali memperoleh peluang matang. Kali ini aksi individunya gagal berbuah gol. Upaya tendangan kaki kirinya tak mampu menaklukkan gawang tim tamu yang dikawal Emiliano Viviano.

Fiorentina sendir bukan tanpa peluang. Mereka pun sempat membahayakan gawang Gianlugi Buffon saat umpan Luca Toni berhasil disambut Stevan Jovetic yang menerobos ke dalam kotak penalti Juventus. Sial bagi Jovetic, sepakan kaki kirinya masih bisa ditepis Buffon.

Pada menit ke-20, Juventus akhirnya membuka keunggulan. Memanfaatkan bola muntah hasil sepakan Stephan Lichststeiner, Mirko Vucinic melepas tembakan keras kaki kanan dari luar kotak penalti. Bola pun bersarang telak di gawang Viviano.

Bahkan, 12 menit berselang, Vucinic hampir mencetak gol keduanya saat berhasil lolos dari perangkap offside. Akan tetapi, duel satu lawan satu dengan Viviano gagal dimenangi Vucinic. Bola berhasil ditepis sang kiper.

Keunggulan Juventus akhirnya bertambah empat menit menjelang babak pertama usai. Menerima umpan Arturo Vidal, Matri melepas sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Bola pun gagal diantisipasi Viviano dan kembali melesak ke dalam gawang. 

Menariknya, sebelum bola ditendang ke arah gawang, sepatu Matri tampak sempat terlepas. Matri mencetak gol tanpa mengenakan sepatu. Juventus pun menutup babak pertama dengan keunggulan 2-0.

Memasuki babak kedua, Juventus tetap tak mengendurkan tekanan. Sementara Fiorentina sendiri mencoba tampil lebih agresif demi memperkecil ketinggalan. 

Pelatih Juventus, Antonio Conte coba mengubah strategi dengan memasukkan Sebastian Giovinco, Martin Caceres dan Paul Poba guna menggantikan posisi Vucinic, Paolo De Ceglie serta Matri. Sedangkan di kubu Fiorentina Jovetic yang tak tampil maksimal akhirnya ditarik keluar digantikan Adem Ljajic. Sementara posisi Luca Toni pun diberikan kepada Mounir El Hamdaoui.  

Meski sudah melakukan pergantian pemain, Fiorentina tetap tak mampu memperbaiki peruntungan. Juventus justru masih mendominasi permainan dengan menciptakan beberapa peluang tambahan. Namun, hingga akhir laga tak ada lagi gol yang tercipta.

Dengan kemenangan ini, Juventus mengumpulkan 55 poin dan mampu memperlebar selisih poin dari Napoli menjadi enam angka. Sedangkan Fiorentina masih tertahan di urutan keenam dengan 39 poin.
Share on :

0 comments:

Post a Comment